Selfie Diminta Jauhi Dermaga Instagram

Selfie Diminta Jauhi Dermaga Instagram

Pemburu Selfie Diminta Jauhi Dermaga Instagram

Pemburu Selfie Diminta Jauhi Dermaga Instagram – Departemen Kelautan Hong Kong memperingatkan pengunjung agar tidak mendatangi ‘Instagram Pier (Dermaga Instagram)’ di Kennedy Town, dengan ancaman denda sebesar HK$10 ribu (sekitar Rp18 juta) hingga enam bulan penjara.

Pemandangan kesibukan Pelabuhan Victoria dan gedung pencakar langit di kejauhan membuat sesi berfoto di tepi dermaga ini ramai dilakukan penduduk lokal sampai turis mancanegara. Ditambah lagi dengan keberadaan tumpukan peti kemas dan marka jalan yang membuat dermaga ini terlihat semakin estetis.

Pierfrancesco Celada, fotografer Daftar IDN POKER asal Italia yang juga bermukim di Hong Kong, menjadi orang pertama yang mengeksplorasi lokasi unik ini. Ia lalu membagikan hasil fotonya di Instagram, sebelum akhirnya membuat komunitas Instagram Pier dengan nama @insta_pier.

Instagram Pier merupakan dermaga bongkar muat kapal kargo. Namun keindahan pemandangannya membuat latar belakang berfoto di sana menjadi sangat Instagram-able.

Seperti yang dikutip dari HongKongFP pada Kamis, dalam selebaran resminya Departemen Kelautan Hong Kong menyatakan bahwa Instagram Pier merupakan area kargo, sehingga tak boleh ada yang masuk selain pekerja.

Jalan kaki menjadi jalan keluar untuk menghemat dana selama berwisata. Oleh sebab itu, sebisa mungkin pilihlah tempat penginapan yang tak berada jauh dari objek wisata atau pusat kuliner. Tapi bagi beberapa wisatawan, jalan kaki dijadikan moda transportasi untuk berwisata.

Metode melancong yang ekstrem – namun menyehatkan sekaligus murah, ini pertama kali tercatat dilakukan oleh Dave Kunst dan John Kunst, dua kakak beradik yang jalan kaki melintasi Eropa, Amerika Utara, Asia, Timur Tengah, lalu kembali lagi ke Eropa pada tahun 1970.

“Area ini merupakan area kerja, sehingga tidak diperuntukkan sebagai tempat kegiatan umum atau wisata,” tulis Departemen Kelautan Hong Kong. “Orang-orang bisa datang ke area publik lainnya, seperti Central & Western District Promenade, untuk kegiatan umum atau wisata,” lanjutnya.

Instagram Pier menjadi tempat favorit untuk berfoto

Instagram Pier menjadi tempat favorit untuk berfoto sejak pagi hingga malam hari. Sayangnya, John tewas ditembak pemberontak di tengah perjalanan di Afghanistan.

Dave, bersama adiknya yang lain bernama Pete, lalu berhasil menyelesaikan perjalanan tersebut dalam waktu empat tahun dengan total jarak 23.255 kilometer. Setelah Dave, masih banyak deretan wisatawan yang memilih jalan kaki untuk keliling dunia.

Pengalaman yang lebih nyata dan menikmati hidup secara perlahan (slow life) menjadi alasan mereka melakukannya. Dalam salah satu forum diskusi r/MapPorn di Reddit pada tahun lalu, ramai dibicarakan rute jalan kaki terpanjang di dunia.

Rute jalan kaki terpanjang di dunia itu menghubungkan kota Cape Town di Afrika Selatan dengan kota Vladivostok di Rusia. Melihat di Google Maps, jarak kedua kota tersebut sepanjang 22.387 kilometer. Jarak tersebut sama saja dengan 13 kali bolak-balik ke puncak Everest.

Di Instagram, nama Instagram Pier menjadi salah satu tag lokasi dan tagar yang paling populer di Hong Kong. Selain itu orang yang melintasi rute jalan kaki tersebut juga bisa menikmati kekayaan flora dan fauna, terutama saat melewati Zimbabwe.

Namun keamanan saat melintasi kawasan-kawasan eksotis tersebut masih dipertanyakan, karena masih banyak kasus perang dan pemberontakan, kasus penyakit menular seperti malaria dan ebola, sampai cuaca yang ekstrem dari panas menyengat ke dingin menggigil.

Sehingga rute jalan kaki terpanjang di dunia ini juga disebut sebagai rute jalan kaki paling berbahaya di dunia. Selain berfoto, dermaga tersebut juga ramai didatangi pengunjung yang jogging dan mengajak hewan peliharaannya main.

Google Maps mengestimasi butuh waktu sekitar 4.492 jam atau 187 hari atau sekitar 6 bulan jalan kaki tanpa henti untuk bisa sampai dari Cape Town ke Vladivostok. Jika berniat jalan kaki 8 jam per hari untuk mencapainya, butuh waktu 562 hari atau sekitar 18 bulan untuk bisa sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *