Pesona Keindahan Wisata Gunung Merapi Jogja

Pesona Keindahan Wisata Gunung Merapi Jogja

Pesona Keindahan Wisata Gunung Merapi Jogja

Pesona Keindahan Wisata Gunung Merapi Jogja,- DAYA pikat pariwisata Yogyakarta memang kuat, Salah satu yang menjadi magnet adalah pesona Gunung Merapi. Pesona alam Gunung Merapi yang menyimpan banyak cerita. Tidak butuh waktu lama penerbangan dari Jakarta menuju Yogyakarta, yakni berkisar 70 hingga 90 menit.

Banyak orang yang merekomendasikan bahwa perjalanan menuju Gunung Merapi sebaiknya pada pagi hari guna mendapat moment menarik. Sejak pukul 4.30 WIB, sesaat setelah dibangunkan oleh petugas hotel, mempersiapkan diri untuk ke Gunung Merapi dengan harapan dapat menikmati keindahan dan kegagahan dari gunung api yang masih aktif tersebut.

Pagi hari merupakan saat terbaik menikmati keindahan pemandangan Gunung Merapi. Diantar kendaraan jeep, rombongan membelah pagi yang baru saja menunjukkan pukul 06.00 Wib. Jeep menjadi kendaraan yang bisa dengan leluasa melintasi kawasan Gunung Merapi. Wisatawan dapat menyewa Jeep 4×4 untuk merasakan perjalanan berpetualang ke Gunung Merapi.

Setiba di gunung tersebut wisatawan bisa dengan bebas mengeksplorasi berbagai keindahan dengan jepretan kameranya. Jeep mengantar rombongan menuju Kaliadem, sebuah kawasan sejuk yang berada di kaki Gunung Merapi, yakni sekitar 35 km utara kota Yogyakarta. Kaliadem merupakan tempat yang cocok untuk melihat keindahan Gunung Merapi.

Lokasinya yang tak jauh dari kota Yogyakarta membuat berwisata ke Gunung Merapi menjadi alternative menarik sekaligus menguras adrenalin. Tiba di lokasi, wisatawan disuguhi pesona Gunung Merapi yang tak terbantahkan lagi. Belum lagi kisah misteri yang membalut gunung tersebut terutama kisah saat gunung meletus.

Saat cuaca cerah, kita dapat melihat dengan jelas gunung menjulang tinggi dan gagah dari empat kota yang mengitarinya, Sleman, Magelang, Klaten, dan Boyolali. Udara yang segar menyejukkan dan keramahan penduduk yang menghangatkan merupakan bagian dari keindahan Gunung Merapi ini. Pascaletusan besar pada 2010, ada beberapa yang berubah di tempat ini. Perubahan itu justru menambah pesona Gunung Merapi.

Masyarakat setempat memanfaatkan hal untuk dijadikan tempat wisata volcano tracking. Para wisatawan dapat melewati jejak letusan yang terjadi pada waktu lalu, termasuk di antaranya mengunjungi bekas rumah Mbah Maridjan, juru kunci yang legendaris. Lokasi volcano tracking terletak di Desa Kepuharjo dan Desa Kinahrejo.

Bunker Kaliadem

20190412110229 - Pesona Keindahan Wisata Gunung Merapi Jogja

Pilihan lain yang saying dilewatkan saat berkunjung ke kawasan Gunung Merapi adalah bunker Kaliadem. Bunker perlindungan bawah tanah ini dahulunya sempat difungsikan masyarakat sekitar untuk melindungi diri dari awan panas saat gungun meletus. Bunker tersebut sempat tertutup oleh timbunan material Gunung Merapi setebal empat meter selama tiga tahun.

Ketika perjalanan menuju Bunker Merapi, pengunjung akan disajikan kisah-kisah pilu yang berkaitan dengan Bunker Kaliadem dari penuturan sang pemandu wisata. Di bunker Kaliadem terdapat pintu utama yang terbuat dari baja kurang lebih setebal 15 cm. Di tempat ini wisatawan dapat mengabadikan moment di spot foto yang telah disediakan, serta menikmati panorama Gunung Merapi secara dekat Joker123 Deposit Pulsa XL.

Museum Sisa Hartaku

img 2982 - Pesona Keindahan Wisata Gunung Merapi Jogja

Setelah melakukan perjalanan dengan menggunakan Jeep, para wisatawan juga dapat meninjau langsung Museum Sisa Hartaku, yang merupakan peninggalan barang-barang milik warga yang tersisa pada saat meletusnya Gunung Merapi.

Terlihat dengan jelas peralatan rumah tangga, komputer, dan barang barang kebutuhan rumah tangga, bangkai motor, rumah yang sudah hancur, tulang atau tenggkorang ternak yang masih tersisa. Setelah puas berkeliling, wisatawan diajak berpacu adrenalin ke Kali Kuning, dengan menggunakan Jeep.

Di tempat ini wisatawan melakukan off road di sungai dengan menggunakan Jeep. Ditempat ini wisatawan juga ditantang adrenalinnya dengan berjalan di bebatuan yang diguyur oleh air. Setelah puas menikmati Gunung Merapi, wisatawan juga bisa mencari souvenir atau oleh-oleh seperti kaos yang bertuliskan nama desa di kawasan gunung tersebut.

Akses Lokasi

Gunung Merapi terletak di tengah pulau Jawa yang menempati beberapa wilayah seperti lereng sisi selatan masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lalu, lereng sisi barat masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, lereng sisi utara dan timur masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali.

Sedangkan lereng sisi tenggara masuk dalam wilayah Klaten Untuk sampai ke Gunung Merapi banyak jalan yang dapat kita pilih. Jalur pertama, melalui Desa Kinahrejo yang terletak 2 km sebelah timur Kaliurang. Dari Kinahrejo ke puncak merapi berjarak 9 km ditempuh dalam waktu 10 jam dengan medan yang cukup terjal.

Jalur kedua, melalui daerah Selo kabupaten Boyolali yang berlokasi diantara gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari Yogyakarta menggunakan bus sampai Kartosuro selanjutnya menuju ke Boyolali dan akhirnya sampai Selo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *