Mengintip Pesona Indah Padang Sabana di Pulau Kenawa

Mengintip Pesona Indah Padang Sabana di Pulau Kenawa

Mengintip Pesona Indah Padang Sabana di Pulau Kenawa

Mengintip Pesona Indah Padang Sabana di Pulau Kenawa – Pulau Kenawa adalah salah satu pulau unik di perairan Sumbawa yang punya julukan The Hidden Paradise. Laut dan langitnya sungguh sangatindah. Asyiknya lagi, Kamu semua bisa berkunjung ke sini dengan biaya relatif terjangkau.

Apalagi buat Teman kamu yang suka banget liburan di alam terbuka, memandang laut lepas ditemani angin semilir dan nyiur melambai, Kenawa adalah pilihan yang tepat. Daripada penasaran, yuk simak ulasan deposit idn poker berikut ini.

1. Mudah Dijangkau 

Akses menuju Pulau Kenawa cukup mudah. Teman Traveler bisa cari bus dengan tujuan Sumbawa. Namun karena liburan bareng keluarga, aku pilih sewa mobil yang bisa didapatkan melalui aplikasi pencarian hotel dan akomodasi. Kalian bisa mengunduhnya di Playstore.

Setelah dijemput di lokasi, kami berangkat naik mobil ke Pelabuhan Kayangan – Lombok Timur. Perjalanan memakan waktu sekitar dua jam dari Mataram. Sampai disana, mobil bisa diparkir dekat loket penyebrangan. Hanya dengan Rp17.000, kami sudah bisa menyeberang dari Pelabuhan Kayangan – Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano – Sumbawa Barat dengan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Dari Pelabuhan Poto Tano, kami masih harus naik sampan menuju Pulau Kenawa. Sampan ini bisa diisi hingga 12 orang, jadi kamu yang liburan bareng teman-teman bisa share cost biar lebih hemat. Harga awal yang ditawarkan untuk satu kapal adalah Rp300 ribu. Setelah tawar menawar, akhirnya kita sepakat dengan harga Rp200 ribu, sudah untuk pulang pergi.

2. Cantik Luar Biasa 

Kurang dari 15 menit kami tiba di Pulau Kenawa. Sumpah, Kenawa is more than just beautiful! Gradasi warna lautnya cantik, airnya bening, bersih dan tenang. Waktu aku datang, cuma ada dua orang asal Surabaya yang lagi leyeh-leyeh di gazebo, dua orang lagi foto-foto di sabana, dan kami berempat sekeluarga. The real paradise! 

Ahhhh!! Buruan deh kamu datang kesini sebelum ramai pengunjung! Kalau wisata Sumbawa ini sudah viral, aku yakin aksesnya akan semakin mahal. Sebelum kejadian, main kesini dulu deh!

Pulau Kenawa terdiri dari hamparan sabana, bukit kecil, dan yang lebih besar. Tepi pantainya dipenuhi gazebo yang bisa digunakan untuk berteduh dari panasnya matahari. Ada beberapa warung, sayangnya hari itu semua sedang tutup karena pilkada kabarnya.

3. Asal-usul Nama Kenawa

Menurut Pak Jalal, sang pemilik sampan, Kenawa sendiri berarti pohon Kenawa. Beliau bercerita kalau orang-orang yang berlayar itu suka menamai pulau dengan nama pohon terbesar yang ada di pulau tersebut. Hanya itulah asal usulnya. Sederhana, tapi indah.

Oh iya, pas liburan kesini, kami baru sadar kalau kami lupa bawa kamera. Iya, dua kamera (action cam dan DSLR) sudah fully charged, tapi ketinggalan. Untungnya aku sempat browsing cara foto kece pakai smartphone. Liburan jadi aman terkendali!

4. Akses Lebih Cepat

Ada akses lain yang lebih mudah dan cepat untuk menuju ke pulau Kenawa via Labuan Lombok. Akan ada banyak speed boat yang akan mengantar kita langsung ke Pulau Kenawa tanpa berjauh-jauh ria menuju Poto Tano. Kira-kira biayanya sekitar Rp250 ribu termasuk alat snorkeling.

Semua tergantung pilihan. Kalau maunya serba cepat harus sedia budget lebih. Kalau memang terbatas, ya harus rela sedikit berlama-lama. Jadi, mau coba ke Pulau Kenawa sama siapa, nih?