Liburan ke Gunung Batu Bogor

Liburan ke Gunung Batu Bogor

Informasi Rute dan Harga Tiket Liburan ke Gunung Batu Bogor

Liburan ke Gunung Batu Bogor – Bernama Gunung Batu, gunung cantik setinggi 875 mdpl ini menawarkan keindahan berbeda. Dengan tinggi yang terbilang rendah dibanding gunung pada umumnya, orang lebih sering menyebutnya “Bukit Batu”.

Bogor tak hanya dipenuhi tempat makan yang lezat, tetapi keindahan destinasi wisatanya patut dieksplorasi lebih jauh. Salah satunya Gunung Batu. Dari atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan alam Bogor yang memukau. Semua orang dijamin bisa mendakinya. Berikut informasi lengkap dari athleticfieldmarker.com tentang Gunung Batu Bogor untuk bekal dan panduanmu liburan ke sana.

Lokasi: Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10 ribu

Rute perjalanan menuju Gunung Batu

  • Dari Kota Jakarta:

Kamu bisa mengambil arah menuju Cileungsi, lalu lanjutkan perjalanan hingga ke Jonggol. Kalau sudah sampai di Citra Indah, artinya kamu sudah dekat dengan pertigaan yang akan mengarah ke Jonggol.

  • Dari pusat Kota Bogor:

Melajulah ke Jalan Raya Cibadak-Ciampea hingga sampai ke Jalan Tol Lingkar Luar Bogor. Saat keluar dari Jalan Tol, kamu akan berada di Jalan MH. Thamrin, ikuti saja jalanan hingga bertemu Taman Budaya Sentul City. Dari situ, masuklah ke Jalan Jungle Land hingga ke Jalan Raya Babakan.

Jalur pendakian di Gunung Batu

Saat mendaki Gunung Batu, terdapat beberapa pos yang akan kita lewati. Berikut jalur pendakiannya:

  • Pos 1 – Pos 2

Pos pertama merupakan lahan yang biasanya dipakai untuk parkir kendaraan. Terdapat pula beberapa tempat makan untuk beristirahat sebelum mendaki.

  • Pos 2 – Tanjakan Kebo

Tanjakan Kebo bakal jadi jalur pendakian pertama yang akan kita temui. Medannya masih terbilang wajar dan tidak berbahaya, tapi lain lagi kalau hujan turun.

  • Tanjakan Kebo – Shelter 2

Sesampainya di Shelter 2, disarankan untuk beristirahat sejenak. Tempat ini berupa tanah lapang yang luas dan kita bisa berkemah di sini.

  • Shelter 2 – Puncak Bayangan 1

Inilah alasan di balik kenapa harus berisirahat sebentar sebelum mendaki lagi, karena medan di jalus ini cukup ekstrem. Tingkat kemiringannya cukup curam.

  • Puncak Bayangan 1 – Puncak Bayangan 2

Sesampainya di Puncak Bayangan 1, kamu bisa beristirahat sebentar, karena medan menuju Puncak Bayangan kedua bakal sangat menguras tenaga. Jalanan bakal berganti menjadi bebatuan yang terjal.

  • Puncak Bayangan 2 – Puncak Sejati Gunung Batu

Kalau sudah sampai di Puncak Bayangan 2, artinya kamu sudah dekat dengan puncak Gunung Batu yang sesungguhnya.

Berbagai aktivitas seru di Gunung Batu

Kalau langitnya sedang cerah, kamu bakal melihat panorama lanskap Gunung Pancar dan Gunung Gede Pangrango. Gak cuma itu, suasana pedesaan terlihat jelas dari sini.

Saat mendaki, kamu bisa berhenti beristirahat dan mendirikan tenda. Salah satu tempat yang paling ramai berada di Shelter 2. Saat sedang musim mendaki, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan warna-warni tenda di sana.

Berburu panorama sunrise dan sunset di Gunung Batu bakal kita malas pulang. Kalau datang saat matahari terbit, kamu bakal disuguhi pemandangan langit berwarna kuning kebiruan yang indah.

Itulah beberapa informasi penting mengenai Gunung Batu di Bogor. Semoga informasi soal rute, dan lokasi di atas bermanfaat buat kamu yang merencanakan liburan ke sana ya. Siap untuk mendaki?