Destinasi Wisata di Bangka

Destinasi Wisata di Bangka

Destinasi Wisata Pantai di Bangka

Destinasi Wisata di Bangka – Iklim Pulau Bangka adalah tropis Type A dan Dengan musim hujan rata-rata terjadi pada bulan Oktober sampai April. Musim penghujan dan kemarau di Kabupaten Bangka juga dipengaruhi oleh dua musim angin, yaitu muson barat dan muson tenggara.

Pengunjung dari luar provinsi dapat naik pesawat terbang menuju Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang ataupun Bandara H A S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Pangkal Pinang berada di Pulau Bangka, sementara Tanjung Pandan berada di Pulau Belitung.

Puri Tri Agung Bangka
Puri Tri Agung yang berada di jalur lintas timur Bangka berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Pangkal Pinang. Bangunan tempat wisata Bangka itu berbentuk bulat dengan tinggi hampir 30 meter. Luasnya pekarangan membuat pengunjung leluasa menikmati indahnya pemandangan.

Pantai Pagoda Vihara Puri Tri Agung sendiri merupakan pantai paling panjang yang ada di kota sungailiat kabupaten Bangka tak heran pemandangan yang akan kita saksiskan adalah hamparan pasir luas dan putih.

Pulau Pelepas
Sebagian besar masyarakat Bangka mengenal Pulau Pelepas dengan nama Pulau Lampu lantaran dari pulau tersebut terpancar cahaya lampu sebagai penerangan bagi pelayaran di Selat Bangka, laut yang terletak di antara pulau Bangka dan Sumatera.

Cahaya lampu tersebut berasal dari sebuah mercusuar kuno yang telah ada sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda. Mercusuar H.M. Koningin Wilhelmina ini dibangun pada tahun 1893. Itu yang terpampang pada plakat besi yang menggantung di pintu Mercusuar.

Pantai Turun Aban
Pantai tempat wisata Bangka Turun Aban, terletak di sisi timur Bangka. Pasir yang putih, air yang biru, dan juga batuan khas Bangka semakin mempercantik pantai satu ini. Hal unik yang membedakan pantai ini dengan pantai Bangka lainnya adalah adanya pohon yang tumbuh di setiap bebatuan granit disana.

Dulu, Pantai Turun Aban terkenal dengan nama Pantai Teluk Limau. Saat sekelompok mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi ternama di Pulau Bangka yang melaksanakan program KKN, dibuatkan papan nama Turun Aban. Akhirnya nama itu yang dikenal publik.

Bangka Botanical Garden
Tempat wisata Bangka Bangka Botanical Garden ini menggunakan sistem terpadu. Peternakan, perikanan, dan perkebunan saling mendukung guna mensukseskan konsep zero waste yang dikembangkan PT Donna Kembara Jaya dan PT Putra Bangka Mandiri selaku pihak pengelola.

Zero waste merupakan peminimalisasi limbah dan sisa produksi. Apabila terdapat limbah, sisa tersebut dapat digunakan kembali sebagai bahan yang berguna untuk produksi lainnya. Hal ini akan menjaga keseimbangan lingkungan hidup.

Jembatan Emas
Jembatan Emas memiliki Panjang sekitar 785 meter, dengan lebar 23 meter dan membentang di atas aliran Sungai Pangkal Balam, wilayah Ketapang, Pangkal pinang. Jembatan yang menghabiskan anggaran Rp 400 miliar ini menjadi salah satu jembatan terunik di Indonesia.

Sumber: www.nativeindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *