4 Alasan Kamu Gak Boleh Terbiasa Cuek Sama Omongan Negatif Orang Lain

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbiasa Cuek Sama Omongan Negatif Orang Lain - 4 Alasan Kamu Gak Boleh Terbiasa Cuek Sama Omongan Negatif Orang Lain

4 Alasan Kamu Gak Boleh Terbiasa Cuek Sama Omongan Negatif Orang Lain

Di lansir dari twohearts-camping.com, memang bersikap cuek dan gak mau mendengarkan omongan miring nan negatif dari orang lain adalah salah satu dari cara mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan jiwa karena kamu akan capek sendiri jika terus-terusan meladeni omongan mereka yang terdengar seperti menjatuhkan diri sendiri.

Namun, sikap seperti ini jangan sampai di jadikan kebiasaan karena akibatnya bisa sangat fatal. Tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga orang lain. Hal ini di sebabkan karena omongan negatif dari orang lain itu bisa saja ada sisi positif di baliknya. Yang tentu saja di umpamakan seperti bahan bakar untuk hidup yang lebih baik lagi ke depannya.

Di kutip dari Club388 Indonesia, berikut adalah alasan mengapa kamu gak boleh terbiasa cuek sama omongan negatif orang lain.

1. Kamu akan terbiasa menghargai pendapat orang lain

Jika kamu sendiri suka cuek dan gak mau mendengarkan omongan negatif dari orang lain. Padahal dia sebenarnya ingin menyampaikan kritik dan saran yang sifatnya membangun. Orang tersebut pasti akan sangat kesal dan jengkel karena apa yang dia utarakan sama sekali gak di hargai olehmu.

Bukan gak mungkin, dia akan sangat malas bahkan gak mau lagi menasihatimu. Apalagi kalau omongan negatif itu keluarnya dari mulut orangtuamu, kalau di cuekin maka sama saja kamu durhaka pada mereka. Duh, jangan sampai deh, kualat!

Sebaliknya, jika kamu membiasakan diri untuk terbuka terhadap omongan negatif dari orang lain. Selama itu bersifat membangun, orang akan merasa senang karena pendapat pribadinya tentang kamu di dengarkan. Dan kamu akan terbiasa untuk menghargai pendapat masing-masing orang.

2. Bisa jadi kamu akan susah untuk meraih kesuksesan

Bila kamu sendiri terbiasa cuek alias “bodo amat” sama omongan negatif orang lain. Maka kamu akan sangat susah untuk meraih kesuksesan. Sedangkan jika kamu membiasakan diri untuk mendengarkan omongan negatif dari orang lain dan mengambilnya sebagai bahan introspeksi diri, bukan gak mungkin kamu akan di mudahkan untuk meraih kesuksesan.

Hal ini di karenakan bahwa salah satu ciri dari orang sukses adalah selalu membuka diri pada kritikan dari orang lain serta selalu mengambil pelajaran dari apa yang orang katakan tentang dirinya.

3. Citramu jadi buruk di mata orang lain jika kamu terbiasa cuek dengan omongan mereka

Kamu mungkin gak menyadari bahwa kebiasaan simpel seperti ini ternyata berpengaruh besar terhadap citra dirimu di mata orang lain. Bayangkan saja jika kamu terbiasa “bodo amat” sama omongan negatif dari orang lain yang bisa saja itu bersifat membangun, maka kamu akan di anggap sebagai sosok yang keras kepala, susah di atur atau bahkan di anggap sebagai sosok yang antikritik.

Nah, gak mau ‘kan kalau kamu sampai di cap sebagai sosok seperti itu oleh orang-orang dekatmu entah itu keluarga, teman, bahkan rekan kerja atau relasi bisnis? Oleh karena itu, yuk coba lebih terbuka dengan omongan orang lain yang meskipun terkesan negatif tetapi ini untuk kebaikanmu.

4. Kamu akan semakin termotivasi untuk maju

Sering kali kamu berpikir bahwa setiap omongan negatif dari orang lain itu hanya ingin menjatuhkanmu, tetapi kamu harus menyadari bahwa kamu gak boleh melihat sesuatu hanya dari satu sisi saja. Memang bila kamu lihat dari sisi yang lain, omongan orang lain yang terus-menerus mengungkit kekurangan dirimu itu bisa jadi penyemangatmu untuk terus bergerak maju.

Sebaliknya, jika kamu membiasakan diri cuek dengan semua omongan negatif orang lain tanpa memikirkan adanya pesan positif di baliknya, maka kamu gak akan termotivasi untuk maju dan hidupmu akan stuck di satu titik saja. Kalau sudah begini, sadar atau gak kamu sudah tertinggal sangat jauh dari orang lain. Bukankah justru ini yang bikin kamu rugi sendiri?